Nov 7, 2015

Minggu Pagi di Taman Sukajadi Bandung

Kota Bandung saat ini terkenal dengan berbagai macam taman tematik yang digagas oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil antara lain Taman Vanda, Taman Fotografi, Taman Jomblo, Taman Film, dan taman tematik lainnya. Namun di era pemerintahan sebelumnya pun pemerintah kota cukup getol dalam membuat taman kota meskipun tidak sebanyak di era pemerintahan Ridwan Kamil. Proporsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bandung memang masih jauh dari ideal, sehingga pemerintah kota cukup gencar membuat RTH salah satunya adalah dengan mengalihfungsikan lahan komersil menjadi taman kota.

Salah satu taman kota yang dibangun pada era pemerintahan Dada Rosada  adalah Taman Sukajadi. Taman yang sebelumnya merupakan sebuah bangunan SPBU ini berlokasi tepat di depan Hotel Sukajadi, dan memiliki luas kurang lebih 300 meter persegi. Taman ini dibangun pada bulan Desember 2006. Warga Sukajadi menyebut taman ini dengan sebutan Taman Jablay (pelacur), entah mengapa warga memberi julukan itu, karena setahu saya di taman ini tidak terdapat jablay atau pelacur meskipun di malam hari.

Pada hari Minggu lalu, saya membawa keponakan saya untuk berjalan-jalan ke taman ini. Saya cukup berjalan kaki saja karena taman ini hanya berjarak 500 meter dari rumah saya. Sejak pagi hari, taman ini sudah dipenuhi banyak pengunjung terutama para orang tua yang membawa anak-anaknya. Dan meskipun tidak seramai taman kota lain di Kota Bandung, disini juga terdapat banyak pedagang yang yang menjajakan berbagai macam dagangan, mulai pakaian, mainan anak, dan yang paling banyak adalah pedagang yang menjual makanan. Salah satu pedagang yang cukup ramai dikunjungi pembeli adalah pedagang Lontong Kari, tentu saja karena cuaca pagi yang cukup dingin di Bandung makanan ini terasa nikmat untuk dijadikan menu sarapan sehingga banyak pembeli yang mengantri untuk menikmati makanan ini. Saya sendiri hanya membeli 1 buah sosis bakar untuk sarapan keponakan saya.
Sosis Bakar @ Taman Sukajadi
Makan Sosis @ Taman Sukajadi
Berbagai fasilitas terdapat di Taman Sukajadi ini, tentu saja yang paling terkenal adalah air mancurnya di sebuah kolam yang berdiameter sekitar 10 meter. Dahulu tak lama setelah taman ini dibangun, nozzel air yang berfungsi sebagai penyembur air mancur dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga air mancur di taman ini sempat tidak beroperasi. Namun saat ini di sekeliling taman dibangun pagar yang cukup tinggi, sehingga tidak ada orang yang bisa memasuki kolam dan air mancur sudah bisa beroperasi kembali dengan normal. Air mancur di taman ini beroperasi 3 kali dalam 1 hari yaitu pada pukul 06.00-09.00, pukul 11.00-14.00, dan malam hari pukul 17.00-21.00.
Berfoto di depan air mancur
Anak-anak yang berkunjung di taman ini dapat menikmati beberapa fasilitas bermain, antara lain ayunan, seluncuran, dan jungkat jungkit. Fasilitas ini jumlahnya hanya sedikit, sehingga banyak anak-anak yang harus mengantri atau malah tidak kebagian.
Bermain jungkit-jungkit
Fasilitas lain yang terdapat di taman ini adalah trek batu alam yang berada di sekeliling taman. Pengunjung yang memanfaatkan fasilitas ini sebagian besar adalah orang tua. Dengan bertelanjang kaki dan berjalan di atas batu alam dipercaya banyak orang dapat menyembuhkan berbagai penyakit terutama penyakit yang berhubungan dengan syaraf di kaki seperti rematik, kesemutan, dan lainnya.
Pengunjung berjalan di atas batu alam.
Taman ini memang tidak seluas dan seindah taman lain di Kota Bandung, namun taman ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang bagi warga Sukajadi dan sekitarnya pada pagi dan sore hari, meskipun hanya berkeliling, ataupun duduk-duduk sambil melihat air mancur. Udara yang cukup segar dan pemandangan yang indah mampu menyegarkan otak kita di sela-sela kesibukan aktivitas sehari-hari.

Namun sayangnya, sama seperti sebagian taman lain di Bandung, taman ini kurang terawat karena banyaknya sampah daun dan sampah pengunjung yang berserakan serta fasilitas bermain anak-anak yang tidak terawat. Tentu saja hal ini menjadi PR untuk pengelola taman agar pengunjung bisa lebih menikmati keindahan taman ini.

Galeri Foto
Taman Sukajadi

Air Mancur

Air Mancur (2)

Fasilitas Bermain Anak

Free Wifi


Lokasi: Sukajadi, Bandung City, West Java, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment