Nov 11, 2015

[Review] Coziee Lodge Hostel Singapore

Singapura merupakan salah satu negara tujuan wisata di kawasan Asia Tenggara. Berbagai macam turis dari berbagai negara datang ke negara ini setiap harinya. Terdapat berbagai macam jenis penginapan di Singapura mulai dari Marina Bay Sands atau Shangri-La Hotel yang mahal hingga berbagai macam hostel murah yang tersebar di berbagai kawasan seperti di kawasan Little India, Bugis, atau hostel di kawasan Geylang. Untuk kalangan backpacker atau budget traveller seperti saya tentu saja lebih memilih menginap di hostel karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menginap di hotel.

Tulisan kali ini saya akan mereview hostel yang saya tempati saat berlibur selama 5 hari 4 malam di Singapura (perjalanan saat liburan bisa dilihat disini dan disini). Selama 4 malam di Singapura, saya menginap di Coziee Lodge Backpackers Hostel di kawasan Geylang. Saya memesan hostel ini melalui situs booking.com sekitar 3 bulan sebelum keberangkatan saya ke Singapura. Setelah membandingkan dengan beberapa hostel lain akhirnya saya memutuskan untuk memilih hostel ini karena review yang cukup baik dari para pengunjung nya.

Lokasi
Hostel ini berlokasi di Geylang dengan alamat tepatnya adalah No 77A & 79A Geylang Road, jaraknya hanya sekitar 300 meter dari stasiun MRT Kallang dan juga terdapat halte bis tepat di sebrang hostel. Awalnya saya sempat ragu untuk menginap di hostel ini karena yang saya ketahui bahwa Geylang merupakan kawasan red district di Singapura. Namun selama saya menginap sama sekali tidak melihat aktivitas prostitusi di sekitar hostel. Selain lokasi yang terjangkau, di sekitar hostel juga terdapat restaurant murah dan halal seperti Imam Banana Leaf dan outlet Old Chang Kee yang sudah memiliki serfifikat halal dari Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS). Hostel ini juga tak jauh dari National Stadium Singapore, sehingga saat event olahraga seperti Sea Games 2015 hostel ini dipenuhi oleh para pendukung negara peserta Sea Games.
Stasiun MRT Kallang, tak jauh dari Coziee Lodge Hostel

Fasilitas
Ada 4 tipe kamar yang ditawarkan hostel ini di situs booking.com, saya sendiri memilih kamar 10-bed mix dormitory, yang artinya kamar ini campuran antara pria dan wanita dengan total ada 10 ranjang di dalamnya, gambaran kamarnya sendiri bisa dilihat di gambar di bawah ini.
dormitory room @ Coziee Lodge

Hostel ini menyediakan sarapan gratis bagi tamunya berupa roti tawar yang sayangnya akan habis jika kita terlambat mengambilnya di pantry. Untuk peralatan mandi, hostel ini hanya menyediakan sabun di dalam kamar mandi, handuk dapat menyewa di resepsionis. Kamar mandinya yang disediakan berupa shared bathroom namun kondisinya cukup bersih dan nyaman dan juga terdapat shower air panas di semua kamar mandi. Kamar mandi akan sangat penuh di pagi hari, sehingga saya harus bangun dan mandi lebih awal di pagi hari agar tidak perlu lama mengantri.

Wifi disediakan secara gratis dengan koneksi yang cukup cepat. Saya banyak menggunakan wifi untuk browsing dan menelpon menggunakan whatsapp tanpa gangguan sama sekali. Disini juga disediakan komputer untuk mengakses internet dan juga terdapat ruang santai yang bisa digunakan untuk menonton TV dan mengobrol bersama tamu lain. Saya juga bisa bersantai di pantry karena terdapat beberapa cemilan dan minuman seperti kopi dan teh, dan juga disediakan microwavetoaster, dan lemari es yang bisa digunakan oleh semua tamu. Namun sayangnya lokasi pantry terletak tepat di depan toilet sehingga terkadang tercium bau tak sedap yang berasal dari dalam toilet.

Di dalam kamar disediakan AC dan kipas angin sehingga kondisi di kamar cukup sejuk, namun untuk AC hanya bisa dinyalakan oleh staf hostel pada pukul 4 sore hingga 10 pagi dengan suhu yang tidak bisa dirubah sebesar 24 derajat. Posisi saya yang berada di dekat AC membuat saya cukup kedinginan saat tidur di malam hari.

Kebersihan & Kenyamanan
Selama menginap di hostel ini, tamu diwajibkan menyimpan sepatu di rak lemari yang disediakan di depan resepsionis dan mengganti alas kaki menggunakan sendal yang khusus hanya boleh digunakan di dalam hostel sehingga kebersihan hostel selalu terjaga. Kondisi ranjang saat saya check-in cukup rapi, namun ranjang tidak dirapikan oleh staf sampai saya check-out sehingga saya harus merapikan sendiri kamar setiap pagi setelah bangun tidur. Secara umum kondisi di hostel ini sangat bersih dan rapi.

Staf
Resepsionis di hostel ini stand-by selama 24 jam, dan staf hostel sangat ramah dalam melayani para tamu. Mereka dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris, mandarin, dan sedikit berbahasa melayu.

Harga
Harga sewa untuk tipe kamar yang saya pesan adalah sebesar SDG 19,9 per malam, sehingga total harga yang saya bayar selama 4 malam adalah sebesar SGD 79,6. Harga tersebut belum termasuk deposit sebesar SGD 20 yang bisa diambil kembali saat saya check-out.

Kesimpulan
Hostel ini mendapatkan penilaian sebesar 8,1 (Very Good) di situs booking.com, cukup wajar menurut saya, karena dengan harga yang terjangkau, hostel ini dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap dan kondisi ruangan yang bersih dan rapi, selain itu juga lokasi hostel sangat dekat dengan stasiun MRT sehingga memudahkan saya untuk bepergian dan kembali menuju hostel selama berlibur di Singapura.

Coziee Lodge Backpackers Hostel
TEL +65 6846 4358   FAX +65 6846 1864
No 77A & No 79A Geylang Road, Singapore 389197

Lokasi: Geylang Rd, Singapore

0 komentar:

Post a Comment