Dec 30, 2015

[Movie Review] Star Wars - The Force Awakens (2015): Babak Baru Seri Perang Bintang

Di penghujung tahun 2015 ini, Walt Disney Picture meluncurkan lanjutan seri Star Wars yang merupakan salah satu seri film paling laris. Dengan judul Star Wars: The Force Awakens. Film ini merupakan episode ke 7 dari seri film Star Wars.

Sinopsis

30 tahun setelah kekalahan Galactic Empire pada Battle of Endor, Galactic Empire yang baru muncul dengan nama First Order yang dipimpin oleh Supreme Leader Snoke. Mereka kembali mencoba merebut kekuasaan dari New Republic. The Resistance dibentuk untuk berjuang melawan First Order. Baik First Order maupun The Resistance mempunyai misi menemukan Luke Skywalker, seorang Jedi terakhir yang telah lama hilang. 

Babak Baru Pertarungan di Ruang Angkasa
Dalam film ini, para penggemar lama akan diajak bernostalgia karena akan kembali melihat kemunculan karakter-karakter lama seperti Luke Skywalker, Princess Leia, Han Solo, Chewbacca, dan bahkan Darth Vader. Selain itu juga, beberapa karakter baru muncul untuk menyesuaikan cerita yang berlatar belakang 30 tahun setelah Battle of Endor pada film Star Wars: Return of The Jedi.

Selain karakter utama yang dipertahankan, plot cerita juga dibuat sangat mirip dengan trilogy awal seri ini. Jika dahulu ada Death Star, Darth Vader, dan R2-D2, maka saat ini ada Starkiller Base, Kylo Ren, dan BB-8 yang memiliki banyak kemiripan. Beberapa adegan juga terlihat sangat familiar bagi para penggemar lama seperti saat opening, penyerangan ke Starkiller Base, saat mengendarai Millenium Falcon dan lainnya. Tapi tentu saja yang paling epic adalah adegan pertempuran menggunakan lightsaber di akhir film, karena dapat dilihat bahwa pertempuran tersebut bukan hanya pertempuran antar dua orang yang menggunakan lightsaber, tetapi juga merupakan pertempuran antara dua ideologi, The Light Side of The Force vs The Dark Side of The Force  atau Jedi vs Sith. Duel lightsaber di film inilah yang merupakan duel lightsaber terbaik menurut saya. Selain karena kemajuan teknologi yang membuat lightsaber terasa semakin hidup, di film ini juga ada sedikit twist yang memberikan petunjuk siapakah Jedi selanjutnya yang akan meneruskan Luke Skywalker.

JJ Abrams patut bersyukur dengan kemajuan teknologi saat ini, karena berhasil menambal beberapa kekurangan yang ada pada seri-seri sebelumnya. Penggambaran galaxy, spesies, pertarungan pesawat, laser, lightsaber, dan lainnya menjadi terlihat lebih real.

Sayangnya, untuk penggemar baru, film ini akan menjadi sedikit membingungkan. Porsi yang besar pada adegan action dan minimnya adegan pendalaman karakter membuat penonton kesulitan untuk mendalami karakter dan plot cerita pada film ini, apalagi dengan formula lama yang diterapkan oleh JJ Abrams akan membuat penggemar baru menjadi kesulitan karena tidak familiar dengan seri ini. Namun saya yakin, seri selanjutnya akan tetap laris karena penonton lama akan tetap bertahan karena formula lama yang masih dipertahankan, dan penonton baru pun akan mulai menyukai seri ini karena kemunculan karakter baru yang mulai menarik perhatian seperti BB-8, Kylo Ren, Finn, dan Rey.


Rating: 4.5/5




STAR WARS: THE FORCE AWAKENS
Jenis Film : Action, Adventure, Fantasy 
Produser : Kathleen Kennedy, Bryan Burk, J.J. Abrams 
Sutradara : J.J. Abrams 
Penulis : J.J. Abrams, Lawrence Kasdan 
Produksi : Walt Disney Pictures


Lokasi: Bandung, Bandung City, West Java, Indonesia

1 comment:

  1. Have not watched the movie yet and have no clue what the hype is all about. I think I shall watch it this weekend with the girlfriends.

    ReplyDelete