Apr 11, 2016

5 Channel Youtube Indonesia Yang Paling Banyak Ditonton

Banyak orang berpikir bahwa Raditya Dika adalah Youtubers paling populer di Indonesia saat ini. Memang tidak sepenuhnya salah, jika dilihat dari jumlah subscribers, Raditya Dika memang memiliki subscribers terbanyak saat ini yang mencapai 1,7 juta subscribers. Namun jika dilihat dari total viewers, Raditya Dika berada di posisi 28 dengan total viewers "hanya" 108 juta viewers. Diluar dugaan, channel-channel dengan viewers tinggi justru bukanlah public figure terkenal. Meskipun video yang diupload cukup sederhana, namun para Youtubers ini bisa mengantongi pendapatan puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya.

Berdasarkan data dari socialblade.com, berikut ini 5 channel Youtube dari Indonesia dengan viewers terbanyak.

1. Lifia Niala
Upload : 200
Subscribers : 355,402
Video Views : 461,954,131
Estimated Monthly Earnings : $5.4K - $86K

Lifia Niala merupakan channel yang mengupload kegiatan dari dua orang bocah bernama Lifia dan Niala yang memainkan bebagai macam mainan anak-anak. Selain itu juga channel ini terkadang mereview berbagai macam makanan, es krim, kue-kuean dan lainnya. Estimasi pendapatan channel ini berkisar antara 71 juta rupiah sampai 1,1 milliar rupiah per bulannya. Dan channel ini ditonton lebih dari 700 ribu kali dalam sehari, dengan total viewers lebih dari 460 juta kali.

Tak seperti kebanyakan Youtubers lain, channel Lifia Naila belum pernah dibahas oleh media di tanah air. Namun sayang, banyak komentar di video Lifia Naila yang mencibir dan mempertanyakan banyaknya viewers dari video yang mereka diupload. Dan saat ini, channel Lifia Naila menutup komentar-komentar untuk semua video mereka. Sebagian besar viewers channel ini menonton video berjudul "Mainan anak Ball pit ❤ Mandi bola anak dan bermain air - Fun Kids pool bath balls" ditonton hampir 200 juta kali.




2. Nagaswara Official - Channel
Upload : 864
Subscribers : 426,696
Video Views : 441,106,663
Estimated Monthly Earnings : $4.9K - $78.1K

Berikutnya di urutan kedua adalah salah satu perusahaan rekaman besar di Indonesia yaitu Nagaswara. Label ini identik dengan musik dangdut dan pop melayu, sehingga cukup wajar jika ditonton banyak orang, karena kedua jenis mesik itu merupakan musik yang cukup populer di Indonesia terutama untuk kalangan menengah ke bawah yang merupakan mayoritas populasi penduduk di Indonesia.

Total viewers channel ini sudah mencapai 440 juta kali, dengan estimasi pendapatan per bulan berada di kisaran 64 juta sampai 1 miliar rupiah.

3. Musica Studio's
Upload : 618
Subscribers : 847,848
Video Views : 435,958,072
Estimated Monthly Earnings : $5.6K - $90K

Satu lagi perusahaan rekaman yang berhasul masuk posisi 5 besar dengan viewers terbanyak, label ini menaungi band-band besar tanah air seperti Noah, Nidji, The Massive, dan juga Geisha. Selain viewers yang tinggi, channel ini juga memiliki subscribers yang sangat banyak mencapai 840 ribu subscribers dan berhasil menjadi channel Youtube Indonesia dengan subscribers tertinggi kedua setelah Raditya Dika yang memiliki 1,7 juta subscribers. Dengan jumlah subscibers yang cukup tinggi, channel ini diperkirakan memiliki pendapatan melebihi channel Lifia dan Niala dengan pendapatan per bulan berkisar antara 74 juta sampai 1,2 miliar rupiah.

4. Cumicumi
Upload : 20,243
Subscribers : 336,179
Video Views : 392,953,008
Estimated Monthly Earnings : $11.3K - $180.9K

Di urutan selanjutnya adalah channel Cumicumi. Channel yang berada di bawah naungan Indigo Production ini mengupload video-video berita selebritis tanah air. Kuantitas video yang diupload channel ini sangat tinggi bahkan mungkin yang tertinggi di Indonesia saat ini, sudah lebih dari 20 ribu video yang diupload. Meskipun viewers dari tiap video tidak terlalu banyak, namun dengan kuantitas video yang banyak membuat toal viewers channel ini cukup tinggi yaitu sebanyak 392 juta viewers. Diperkirakan channel ini memiliki pendapatan melebihi ketiga channel sebelumnya dengan estimasi pendapatan per bulan berkisar di antara 148 juta sampai 2,4 milliar rupiah.

5. Qonny Q
Upload : 101
Subscribers : 485,171
Video Views : 369,225,678
Estimated Monthly Earnings : $2.6K - $41.7K

Tak jelas siapa pemilik channel yang satu ini, meskipun video yang diupload hanya 101 video namun total viewers dari video-video yang diupload channel ini bisa mencapai 369 juta viewers. Hampir sama seperti channel Lifia dan Naila, penghasilan terbesar channel ini hanya berasal dari satu video saja yang berjudul "Upin Ipin | Season 5" yang ditonton hampir 212 juta kali. Sebagian besar video yang diupload oleh channel ini berisi serial kartun Upin Ipin, namun belakangan ini video yang diupload lebih banyak mengenai video religi islami. Estimasi penghasilan channel ini berada di kisaran 34 juta sampai 538 juta rupiah per bulannya.

*Semua data yang ditampilkan di atas diambil dari website socialblade.com per tanggal 11 April 2016
Lokasi: Bandung, Bandung City, West Java, Indonesia

1 comment: