Jun 5, 2016

Makan Pagi di RM Soto Kudus Asli (Sejak 1967) Jakarta Timur

Hari Minggu tanggal 22 Maret 2016 saya menghabiskan waktu seharian di Jakarta. Tiba pukul 8 pagi di Terminal Kampung Rambutan, saya langsung naik busway menuju daerah Kebon Nanas untuk sarapan di RM Soto Kudus Asli salah satu rumah makan soto kudus yang legendaris di Jakarta.

Rumah makan ini sudah berdiri sangat lama, sejak tahun 1967 dan merupakan salah satu pelopor soto kudus di Jakarta. Lokasi tepatnya berada tepat di pertigaan Jalan Otista 3 dekat dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Shelter Busway Kebon Nanas. Pelanggannya sebagian besar adalah keluarga besar yang makan beramai-ramai. Melihat kondisi tempat parkir yang ramai oleh mobil, saya dapat menyimpulkan tempat makan ini memang benar-benar legendaris.

Bangunan rumah makan ini masih mempertahankan keasliannya. Meja, kursi, dan dekorasi bangunannya cukup klasik. Di tembok juga dipasang beberapa lukisan tua dan juga foto-foto artis Ibukota yang pernah mengunjungi tempat ini.

Suasana di dalam rumah makan

Pagi itu lokasi tempat makan sudah cukup ramai. Saya bersama teman saya memesan 2 porsi soto pisah, yang artinya kuah soto dipisah dengan nasi. Disini juga bisa memesan soto campur, yakni soto dan nasi akan dicampur di mangkuk yang sama. Tentu saja soal harga soto campur sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan soto pisah, namun jika ingin lebih kenyang saya menyarankan untuk memesan soto pisah saja.
Tak lama 2 porsi Soto Kudus Pisah sudah datang, selain itu pelayan juga menyajikan beberapa makanan lain sebagai pendamping dari soto. Ada bacem tempe, perkedel, sate telur puyuh, paru, ati ampela dan lainnya. Di meja juga terdapat kerupuk dan peyek yang disediakan di dalam toples.  Saya mengambil 1 buah paru sebagai makanan pendamping. Untuk minumannya, disini hanya disediakan teh tawar, teh manis, es jeruk, dan soft drink.

Saya coba mencicipi kuah soto terlebih dahulu. rasanya segar dan gurih, potongan daging ayam di dalamnya cukup banyak, dan juga tauge  dengan ukuran besar semakin menambah kesegaran kuah soto. Agar lebih nikmat, saya menambahkan sedikit perasan jeruk lemon dan sedikit sambal. Potongan paru saya masukan ke dalam kuah untuk menambah rasa gurih. Satu porsi soto cukup membuat kenyang bagi saya sebagai energi tambahan untuk seharian jalan-jalan mengelilingi Jakarta hari ini.

Tagihan Harga
Total tagihan yang harus saya bayar sebesar Rp 69.000 untuk dua porsi soto pisah, 1 buah paru, dan 2 es jeruk. Harga memang lebih mahal jika dibandingkan Soto Kudus Kauman di Cinere yang sama-sama terkenal, namun kelebihan soto kudus ini adalah potongan ayam yang lebih banyak sehingga wajar jika harganya sedikit lebih mahal.


Rumah Makan Soto Kudus
Jalan D.I Panjaitan By Pass, No 20
Jakarta Timur


Lokasi: East Jakarta, East Jakarta City, Special Capital Region of Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment