Jun 9, 2016

Serunya Ngabuburit Sambil Main Game Tahu Bulat

Kali ini saya akan membahas game yang sedang jadi trending di Indonesia. Apalagi kalau bukan game "Tahu Bulat". Game ini dibuat oleh Own Games Indonesia yang merupakan Game Developer asal Kota Bandung. Diluncurkan pada bulan April 2016, game ini sempat menduduki peringkat pertama di Play Store dan mengalahkan Clash of Clans yang selama ini menjadi game paling favorit di Indonesia.

Gameplay
Disini saya akan menjadi seorang pengusaha tahu bulat. Permainannya cukup sederhana, saya diharuskan menghasilkan koin sebanyak-banyaknya dengan menjual tahu bulat. Untuk menaikan pendapatan, banyak hal yang bisa dilakukan seperti mengupgrade mobil, resep, dan juga melakukan promo dengan media tertentu.

Control
Pembeli akan datang sendiri ke mobil saya tanpa melakukan apapun, namun untuk memperbanyak kedatangan pembeli, dapat dilakukan dengan cara melakukan tap terus menerus pada layar HP sehingga mobil kita akan memutar lagu tahu bulat dan mendatangkan pembeli lebih banyak. Uniknya jika saya keluar dari game, penjualan tahu terus menerus berlanjut sehingga ketika saya kembali membuka game akan ada penghasilan yang cukup tinggi yang akan masuk ke kas koin saya.


Graphic
Salah satu yang cukup menonjol di game ini adalah grafiknya yang cukup baik dan bernuansa lokal Kota Bandung. Terdapat background Jalan Layang Pasupati, bola batu, lampu taman dan juga tempat sampah khas Kota Bandung. Karakter yang muncul cukup banyak, dan mobil yang bisa diupgrade dan ditambahkan beberapa item membuat saya tidak cepat bosan dalam memainkan game ini.

Music
Yang paling menonjol di game ini bagi saya adalah musiknya. Game ini akan diiringi oleh musik seruling dan angklung khas sunda dan tentu saja lagu tahu bulat yang diputar di speaker mobil.

Kesimpulan
Fenomena penjual tahu bulat sebenarnya sudah lama terjadi beberapa kota di Jawa Barat termasuk Bandung. Namun di Ibukota Jakarta baru booming beberapa waktu belakangan ini dan pada saat bersamaan game ini diluncurkan, sehingga game ini cukup laris dan banyak didownload pengguna smartphone.

Dari sisi game nya sendiri, game ini dapat membuat ketagihan, kita akan dibuat penasaran untuk terus melakukan upgrade dan cukup menantang saya juga untuk terus menghasilkan koin lebih banyak lagi. Untuk gameplay sebenarnya sudah cukup umum, namun keunikan game ini terdapat di grafis dan musiknya yang bernuansa lokal. Kekurangan terbesar ada pada controlling yang harus melakukan tapping terus menerus yang bisa membuat tangan pegal dan kerusakan pada layar smartphone jika tapping terlalu keras.

Secara umum "Tahu Bulat" merupakan permainan yang cukup bagus dan dapat menemani kita untuk ngabuburit sambil menunggu berbuka puasa.

Gameplay : 8
Control : 7
Graphic : 9
Music : 9


Tahu.. Bulat.. Digoreng.. Di Mobil.. Dina.. Katel.. Dadakan.. Gurih.. Gurih.. Nyoooiii.. ♩ ♪ ♫


Lokasi: Bandung, Bandung City, West Java, Indonesia

1 comment: