Aug 16, 2016

Our Wedding Story (Persiapan Resepsi Pernikahan di Cianjur)

Tahun ini merupakan tahun yang berbahagia bagi saya dan calon istri karena akhirnya bisa melangsungkan pernikahan setelah sebelumnya menjalin hubungan yang cukup lama. Dalam mempersiapkan pernikahan ini cukup sulit bagi kami, karena persiapan pernikahan yang cukup singkat hanya sekitar 4 bulan saja, dan juga kami berdua sibuk bekerja di kota berbeda sehingga hanya bisa bertemu dan menyiapkan pernikahan di hari Sabtu dan Minggu saja.

Lokasi pernikahan yang kami pilih adalah di Kabupaten Cianjur, yang mana merupakan kota kediaman calon istri saya dan kedua orangtuanya. Pada intinya mempersiapkan pernikahan di Cianjur hampir sama dengan menpersiapkan pernikahan di kota lain, namun karena hanya merupakan kota kecil jadi kami tidak mempunyai banyak referensi mengenai vendor-vendor pernikahan di kota ini. Beruntunglah kedua orang tua istri saya merupakan guru di Cianjur, sehingga cukup banyak koneksi untuk dijadikan referensi. Selain itu juga ada teman kantor saya yang menikah beberapa bulan sebelum pernikahan saya, banyak referensi juga yang saya dapat dari dia.

Karena merupakan kota kecil, budget pernikahan disini bisa lebih murah jika dibandingkan dengan budget pernikahan di kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Namun untuk kualitas tentunya tidak bisa disamakan dengan kedua kota tadi, namun secara umum vendor-vendor yang kami pilih untuk pernikahan kami cukup memuaskan.

1. Gedung
Persiapan awal yang dilakukan adalah mencari gedung untuk resepsi pernikahan. Tak seperti di Bandung atau Jakarta, jumlah gedung yang representatif untuk resepsi pernikahan di Cianjur sangatlah minim. Dari beberapa opsi gedung yang ada, akhirnya kami memilih gedung Herlina Mutiara yang berlokasi di Jalan Pramuka no 85.  Menurut saya, gedung ini merupakan gedung paling megah untuk resepsi pernihakan di Cianjur saat ini, harganya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan gedung lain yang ada di Cianjur, namun selisih harga tersebut sebanding dengan kemegahan dan kelengkapan fasilitasnya. Lahan parkirpun sangat luas, dan aksesnya mudah dijangkau. Lokasinya tidak terlalu masuk ke dalam pusat kota, dekat dengan Jalan Raya Bandung - Cianjur sehingga memudahkan tamu dari luar kota untuk mengakses tempat ini.

Namun kemegahan gedung ini bisa jadi boomerang tersendiri. Pertama, dengan gedung yang luas tentu saja biaya dekorasi jadi lebih mahal. Kedua, dalam beberapa kali survei di resepsi pernikahan orang lain, gedung ini selalu terkesan "kosong" karena saking luasnya. Untungnya tim dari dekorasi dan katering bisa mensiasatinya sehingga pada saat resepsi pernikahan kami hal itu tidak terjadi.

Gedung Herlina Mutiara
Jalan Pramuka no. 85 Desa Bojong Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

2. Catering
Perlu diketahui dalam menyiapkan resepsi pernikahan, biaya pengeluaran katering merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan biaya lain. Total bisa lebih dari 50% biaya dikeluarkan untuk katering. Jadi dalam hal memilih vendor katering harus sangat berhati-hati. Semua hal harus dipersiapkan matang, seperti jumlah porsi, pilihan menu makanan, rasa makanan, juga dekorasi cateringnya. Namun untuk urusan katering ini saya serahkan sepenuhnya kepada keluarga calon istri saya. Dipilihlah CV. Family Group (Ibu Tine) sebagai vendor katering resepsi pernikahan kami yang sudah menjadi langganan bagi keluarga besar orang tua calon istri saya. Hasilnya memang tidak mengecewakan, untuk urusan rasa meskipun menu yang disajikan adalah menu semi modern, namun masih cocok di lidah para undangan yang sebagian besar warga Cianjur. Sedangkan untuk kebersihan saya akui semua staf dari Ibu Tine bekerja sangat sigap dalam membersihkan sisa-sisa makanan dari para tamu, sehingga kebersihan gedung bisa terjaga sampai acara resepsi selesai.

CV. Family Group (Ibu Tine)
Jalan Dr. Muwardi (bypass) No.184, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

3. Dekorasi & Make Up
Bagi saya, hal ini merupakan yang terpenting bagi pengantin wanita saat resepsi pernikahan. Selain katering, make up pengantin dan dekorasi akan banyak diberi komentar oleh para tamu. Dari rekomendasi teman kantor, saya dan calon istri saya memilih Yulie Makeup (Teh Yulie) sebagai vendor dekorasi dan make up. Hasilnya cukup memuaskan, banyak komentar positif dari para tamu. Selain dekorasi dan make up, melalui Teh Yulie juga kami memesan tim fotografer (Vter Photograph, instagram : @vterphotograph), organ tunggal, dan juga tim upacara adat (lengser).

Yulie Make up
Instagram : @yulie_makeup

4. Seserahan
Hal yang cukup merepotkan dalam mempersiapkan pernikahan kami adalah membeli seserahan. Kami membeli seserahan secara mencicil dari bulan April sampai Juli 2016 agar tidak terlalu memberatkan keuangan saya. Semua barang seserahan dibeli diluar Cianjur, yaitu Jakarta dan Bandung, karena menurut saya barang-barang di Cianjur lebih mahal daripada barang-barang di Jakarta dan Bandung. Selain itu juga di Cianjur tak banyak pilihan toko atau tempat belanja jadi barang-barang yang dijual kurang variatif.

Berbagai macam barang seserahan kami beli di banyak tempat di Jakarta dan Bandung seperti di Elizabeth Bandung, Pasar Baru Bandung, Pasar Tanah Abang, PGC Cililitan, Riau Junction, dan masih banyak tempat lainnya.

5. Mas Kawin
Untuk mas kawin, kami membeli di Toko Laris Jewelry, karena dari berbagai review di internet banyak yang memberikan komentar positif. Selain membeli satu set mas kawin, kami disini juga membeli sepasang cincin kawin yang modelnya bisa dipesan sesuai keinginan kami.

Laris Jewelry
Jalan Sukajadi No.103-105, Bandung, Jawa Barat 40162

6. Pendaftaran di KUA
Karena pendaftaran di KUA hanya bisa dilakukan di hari kerja, maka untuk hal ini kami berdua menyerahkan kepada ayah kami masing-masing. Selain mengurus pendaftaran pernikahan, kami juga diwajibkan untuk mengikuti pendidikan pranikah yang dilakukan sebelum hari pernikahan. Pendidikan pranikah ini wajib diikuti oleh pasangan calon pengantin, karena jika tidak buku nikah akan ditahan oleh KUA sampai pasangan calon pengantin mengikuti pendidikan pranikah.

7. Undangan & Souvenir
Undangan dan souvenir kami pesan di satu tempat yang sama, yaitu Kaffah Wedding Card. Karena setelah survei di beberapa tempat di Astana Anyar dan Pagarsih Bandung, harga disini merupakan yang termurah yang dan sesuai dengan desain undangan dan souvenir dari kami. Untuk berjaga-jaga jika kurang, kami juga membeli souvenir tambahan secara grosir di Jalan Cibadak Bandung.

Kaffah Wedding Card
Jalan Astana Anyar no. 75 Bandung
Instagram : @kaffah_weddingcard
Website : www.kaffahweddingcard.com

8. Honey Moon
Terakhir, yang seharusnya kami persiapkan adalah liburan (baca: Honey Moon). Setelah lelah berbulan-bulan mempersiapkan resepsi, dan juga kelelahan di hari-H. Kami berdua hanya pergi berlibur di Kota Bandung saja, karena kami tak punya banyak hari cuti dan juga terlalu fokus mempersiapkan resepsi jadi liburan ini tidak bisa disiapkan secara matang. Untungnya Kota Bandung memiliki banyak tempat bagus untuk pasangan yang baru menikah. Kami sendiri memilih Green Forest Resort di Lembang sebagai tempat liburan kami berdua. Ulasan mengenai resort ini saya buat tersendiri disini.

Demikian kurang lebih persiapan yang kami lakukan jelang acara resepsi pernikahan kami. Meskipun ada beberapa kekurangan, namun alhamdulillah acara resepsi berlangsung lancar.

Updating Soon: Foto-foto pernikahan
Lokasi: Cianjur, Cianjur Sub-District, Cianjur Regency, West Java, Indonesia

3 comments:

  1. jadi.... akan aplot fotonya kah??

    ama vendor dokumentasi terabaikan seeprtinya... :p hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah minggu ini diupload.. Sekalian update review vendor dokumentasi juga..

      Makasih udah diingetin om..

      Delete
  2. kang punya kontak nomer gedunya gak ?
    saya mau ada acara nanti acara seminar mau sewa gedungnya aja
    kira kira bisa ya ?

    kalau ada kontaknya email ke bayu@tech-center.com ya kang
    haturnuhun

    ReplyDelete