Sep 27, 2016

Ulang Tahun Google, Si Mbah yang Berusia 18 Tahun

Sebuah doodle yang lucu dan unik diluncurkan oleh Google. Diperlihatkan sebuah huruf G meniup sebuah balon dan akhirnya membentuk tulisan Google. Hari ini tanggal 27 September 2016 merupakan hari ulang tahun dari Google yang ke 18. Hal ini bisa saya lihat ketika membuka halaman Google dari laptop saya pagi hari ini.

Mbah Google
Saat ini Google merupakan mesin pencari online paling populer. Bukan itu saja, menurut laman alexa.com Google juga merupakan website yang paling banyak dikunjungi di dunia. Kilas balik beberapa tahun ke belakang, Google di Indonesia sempat mendapat julukan "Mbah Google". Entah siapa yang pertama kali memberi julukan ini, karena saking "pintarnya" Google dipercaya oleh banyak orang Indonesia untuk menjadi sumber informasi utama.

Perusahaan Terbaik
Saat ini Google merupakan salah satu perusahaan paling besar di dunia. Selain mesin pencari online, Google juga bergerak di berbagai bidang seperti iklan dan telekomunikasi. Sebagian besar pendapatannya diperoleh dari iklan melalui Google Adwords dan Google Adsense. Pendapatan Goole di tahun 2015 mencapai 74 milliar dollar. Hal ini membuat Google menjadi tempat kerja idaman bagi para pencari kerja di seluruh dunia.

Don't Be Evil
Meskipun saat ini menjadi perusahaan terbesar di dunia, tak banyak orang yang tahu slogan dari Google. Dari laman Wikipedia tertulis slogan Google adalah "Don't be Evil", sebuah kontradiksi tentu saja mengingat dalam beberapa waktu belakangan ini Google tak mau membayar tunggakan pajaknya di Indonesia yang disebut-sebut oleh Dirjen Pajak mencapai 5 Trilliun Rupiah. So don't be evil Google, please pay Your Tax.

Don't be evil Google, please pay your Tax.

Tulisan ini juga dimuat di akun kompasiana saya www.kompasiana.com/dpermana89
Lokasi: Bandung, Bandung City, West Java, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment