Oct 12, 2016

[Ads] Butuh Uang Cepat? Ke UangTeman Aja Guys

Pernahkah Anda terpikir untuk membuka bisnis kecil-kecilan namun kesulitan modal? Atau pernahkah suatu saat Anda membutuhkan uang secara mendesak untuk kebutuhan sekolah anak atau untuk biaya kesehatan? Di Indonesia saat ini kebutuhan akan uang tunai masih cukup tinggi, apalagi di saat waktu dan kondisi tertentu kebutuhan akan uang tunai akan melonjak tinggi. Misalnya saja saat memasuki tahun ajaran baru, banyak orang tua kerepotan mencari uang untuk membeli segala keperluan sekolah anak.

Namun bagi sebagian orang, persyaratan yang diajukan oleh bank seringkali terasa menyulitkan. Alih-alih mendapatkan uang, justru pengajuan ditolak oleh bank padahal persyaratan yang diberikan bank cukup menguras waktu dan energi tanpa kita diberikan alasan yang jelas oleh pihak bank.

Kenapa Pengajuan Pinjaman Uang Saya Ditolak Bank?
Banyak calon peminjam uang bertanya-tanya. Pertimbangan apa saja sih yang membuat bank menolak aplikasi pinjaman kita? Saya akan sedikit menjelaskan mengenai hal tersebut. Dalam suatu bank biasanya ada suatu divisi bernama divisi Manajemen Risiko. Tugas divisi ini adalah untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengendalikan risiko agar bank tidak mengalami kerugian. Ada 8 jenis risiko di dalam dunia perbankan, salah satunya adalah risiko kredit. Yang dimaksud risiko kredit adalah risiko kerugian yang disebabkan oleh ketidak mampuan (gagal bayar) dari debitur atas kewajiban pembayaran utangnya baik utang pokok maupun bunganya ataupun keduanya. Maka bank perlu melakukan suatu tindakan mengidentifikasi, mengukur, dan mengelola data profile setiap calon nasabah agar meminimalisir kejadian gagal bayar.

bisnis online

Solusi Pinjaman?
Oke guys, kalau misal butuh pinjaman cepat harus pinjam kemana? Karena hampir tidak mungkin untuk pinjam ke Bank karena proses verifikasi yang cukup berbelit. Berikut beberapa solusi yang bisa digunakan.

1. Keluarga/Teman
Orang bilang keluarga adalah surga di tengah kerasnya dunia. Itu memang betul guys, memang mereka adalah orang-orang yang paling dekat dengan kita. Beberapa teman juga kadang sudah kita anggap sebagai keluarga sendiri sehingga tak sungkan lagi untuk meminjam uang kepada mereka. Namun tentu ada kekurangan dan kelebihannya, berikut diantaranya.
Kelebihan :
 - Pinjaman tanpa agunan.
 - Tak sungkan meminjam karena sudah saling mengenal.
 - Tak ada bunga yang dibebankan.
 - Waktu pengembalian pinjaman bisa relatif lebih lama.
Kekurangan :
 - Uang tunai belum tentu tersedia.

2. Kantor
Alternatif kedua yang bisa kita gunakan untuk meminjam uang dengan cepat adalah meminjam ke perusahaan tempat bekerja. Emang bisa? Ya, banyak perusahaan dengan baik hati mau meminjamkan uang kepada karyawannya. Tinggal datang ke HRD aja guys, dan jangan lupa pasang sedikit muka tebel.
Kelebihan :
 - Pinjaman tanpa agunan.
 - Proses meminjam lebih mudah dibandingkan di bank.
 - Umumnya perusahaan tidak membebankan bunga.
Kekurangan :
 - Gaji tiap bulan akan dipotong untuk menutup pinjaman.
 - Tak semua perusahaan menerapkan peraturan yang sama mengenai kebijakan ini.

3. Rentenir
Rentenir bisa menjadi alternatif jika kita sangat-sangat kepepet akan kebutuhan uang tunai. Namun di masyarakat istilah rentenir ini benar-benar berkonotasi negatif.
Kelebihan :
 - Uang bisa cair hanya dengan modal KTP.
Kekurangan :
 - Stigma negatif masyarakat.
 - Aturan main seringkali tak jelas,

4.UangTeman
UangTeman merupakan platform online yang baru didirikan bulan April 2015 dibawah PT. Digital Alpha Asia dan Digital Alpha Group Pte Ltd. UangTeman lebih fokus ke pinjaman mikro karena dari hasil penelitian KPMG Microfinance Study di tahun 2014, segmen pasar pinjaman mikro di Indonesia masih sangat besar. Ada 105 juta masyarakat Indonesia berpenghasilan Rp60 ribu per hari yang masih memerlukan akses terhadap pinjaman mikro.

UangTeman berkomitmen untuk memberikan pinjaman dan memperlakukan konsumen dengan adil serta membantu meningkatkan pengetahuan keuangan peminjam. Untuk mengajukan pinjaman di UangTeman harus memenuhi syarat berikut:
 - Warga Negara Indonesia.
 - Berdomisili di Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Magelang dan Klaten.
 - Berusia 21 s/d 65 tahun.
 - Memiliki penghasilan minimum Rp.2.300.000,- untuk Jabodetabek & Rp.2.000.000,- untuk     Yogyakarta, Solo, Magelang & Klaten.
 - Menyampaikan dokumen KTP, Slip gaji/bukti penghasilan dan foto pribadi.
 - Memiliki rekening tabungan atas nama nasabah.
 - Telah memiliki email sebelum mendaftar.

Karena merupakan suatu terobosan baru di Indonesia, tentu saja masih ada banyak kelebihan dari Uang Teman. Tapi ada juga beberapa kekurangan menurut saya.
Kelebihan :
 - Proses lebih mudah, bisa dilakukan secara online.
 - Tidak ada bunga yang dibebankan.
 - Proses verifikasi dan pencairan yang cepat hanya 3 hari kerja.
 - Pinjaman tanpa agunan.
Kekurangan :
 - Meskipun tak ada bunga, namun ada biaya layanan yang dibebankan.
 - Saat ini hanya tersedia di kota tertentu saja.

Kesimpulan
Tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang membutuhkan pinjaman baik untuk keperluan modal usaha maupun untuk keperluan mendesak lain. Banyak jalan keluar yang bisa diambil jika membutuhkan uang tunai secara mendesak. Namun harus hati-hati dalam mengambil keputusan, sebelum melakukan pinjaman harus yakin terlebih dahulu untuk bisa mengembalikan uang pinjaman sesuai tenggat waktu. Jangan sampai pinjaman menjadi bengkak karena harus membayar bunga dan segala jenis biaya administrasi yang terus meningkat.


bisnis online
Lokasi: Jakarta, Special Capital Region of Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment