Nov 2, 2016

Pengalaman Seru Menonton di Studio Sphere X CGV Blitz Grand Indonesia

Saat ini di Indonesia tak banyak jaringan bioskop yang "bermain" untuk memperebutkan pasar penggemar film yang jumlahnya semakin banyak. Boleh dibilang hanya ada 2 perusahaan saja yang bersaing salah satunya adalah CGV Blitz. Semenjak diakuisisi oleh Cheil Jedang Cheil Golden Village (CJ CGV) dan berubah nama menjadi CGV Blitz, ekspansi terus dilakukan untuk menyaingi Cinema 21 yang sudah bertahun-tahun menjadi pemain tunggal di bisnis bioskop di Indonesia.

Tak lama setelah berubah nama menjadi CGV Blitz, sebuah studio dengan teknologi paling mutakhir dihadirkan di Indonesia yang diberi nama Sphere X. Keunikan studio ini adalah memberikan pengalaman menonton film yang berbeda bagi pengunjung. Ada 3 daya tarik utama yang dihadirkan yakni screen (layar), sound (suara), dan seat (kursi).

Screen, Sound, Seat
Screen
Yang paling menonjol dari Sphere X adalah keunikan bentuk layarnya yang melengkung dan membentang dari langit-langit hingga lantai, dan dari samping kiri ke kanan studio dengan luas seukuran lapangan basket.

Sound
Sphere X didukung oleh 60 buah speaker yang memenuhi seisi studio dengan menggunakan teknologi Dolbi Atmos, sehingga penonton dapat mendengar suara dengan jernih dan menyatu dengan film.

Seat
Kursi didesain dapat mengikuti gerakan tubuh, namun senderan tangan yang terbuat dari kayu dan berukuran kecil bisa mengurangi sedikit kenyamanan jika ada penonton lain di sebelah.

Menyaksikan Film Doctor Strange
Pada minggu 30 Oktober 2016, saya dan istri saya mencoba studio Sphere X di CGV Blitz Grand Indonesia. Film yang saya tonton adalah film terbaru keluaran Marvel Studio yaitu Doctor Strange. Sempat terjadi kendala teknis, film yang seharusnya dijadwalkan untuk tayang jam 11.00 harus mundur sampai 11.40. Tapi sebagai gantinya di akhir film petugas memberikan free voucher yang berlaku selama 1 bulan.
Free Voucher
Ketika pertama kali menonton di Sphere X dengan menyaksikan Doctor Strange, di awal film saya justru merasa sedikit terganggu. Bentuk layar yang melengkung cukup ekstrim justru membuat mata saya hanya fokus ke tengah layar karena bagian pinggiran layar menjadi lebih kecil. Ukuran layar yang besar juga membuat saya merasa tengah layar dan subtitle terasa berjarak jauh padahal saya berada di row G yang biasanya jadi row ideal jika menonton di studio 2D. Namun menjelang pertengahan dan akhir film ketika adegan-adegan action dimulai, saya baru bisa menikmati karena special effect menjadi lebih terasa layaknya menonton di studio 3D, ditambah kualitas suara terbaik menjadikan pengalaman yang unik dan menyenangkan bagi saya.

Kesimpulan
Dengan ukuran layar yang sangat luas dan kualitas suara terbaik, Sphere X memberikan sebuah pengalaman unik dan menyenangkan. Namun CGV Blitz harus sedikit selektif dalam memilih film untuk ditampilkan di studio ini. Film yang menonjolkan special effect dan penuh adegan action akan lebih menyenangkan untuk ditonton di studio ini dibandingkan film drama dan penuh percakapan karena akan membuat mata sedikit lelah karena harus bolak-balik membaca subtitle dan melihat adegan film.

Recommend Seat: Row C-E

Lokasi: Central Jakarta, Central Jakarta City, Special Capital Region of Jakarta, Indonesia

1 comment:

  1. Every thing of studio sphere X looks amazing.From seating arrangement till ticketing, everything meets international standard.I am so happy to see this level of cinema in Indonesia.

    ReplyDelete