Dec 1, 2016

[Movie Review] Doctor Strange (2016) : Masuki Dunia Sihir ala Marvel

Satu lagi film terbaru keluaran Marvel Studio, meskipun Doctor Strange merupakan salah satu karakter komik Marvel yang cukup populer, karakter yang diangkat kali ini belum pernah muncul di film-film sebelumnya. Doctor Strange hanya sempat sedikit disinggung di film Captain America: Winter Soldier sebagai salah satu target untuk dibunuh oleh Hydra.

Sinopsis
Doctor Strange adalah seorang mantan ahli bedah syaraf yang kehidupannya berubah total setelah terjadi kecelakaan mobil yang membuatnya tidak bisa menggunakan tangannya dengan baik. Ketika berbagai macam pengobatan gagal menyembuhkan tangannya, dia mencari kesembuhan dan harapan di suatu tempat terpencil bernama Kamar Taj. Di sana ia mempelajari bahwa Kamar-Taj bukan hanya tempat untuk menyembuhkan penyakit, tapi juga garis depan dari sebuah pertempuran melawan kekuatan gelap yang tak terlihat. Strange dipaksa memilih untuk kembali ke kehidupan sebelumnya atau meninggalkan semuanya untuk melindungi dunia dari sebagai panyihir terkuat yang pernah ada.

Doctor Strange
Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) adalah seorang dokter ahli bedah syaraf. Karirnya yang cemerlang di bidang medis harus berakhir karena sebuah kecelakaan mobil. Dia kehabisan hampir semua uangnya untuk mencoba berbagai teknik penyembuhan. Keputusasaannya membawa dia ke suatu tempat bernama Kamar Taj untuk bertemu dengan The Ancient One (Tilda Swinton). Namun, Kamar Taj bukan hanya tempat untuk menyembuhkan penyakitnya, tapi ia juga belajar mengenai ilmu sihir, ilmu yang belum pernah ia pelajari sebelumnya. Disana ia terpaksa untuk terlibat dalam pertarungan mistis, untuk melindungi Bumi dari ancaman makhluk dari dimensi lain.

The Ancient One
Selama berabad-abad, The Ancient One melindungi Bumi dari ancaman mistis, ia mendedikasikan hidupnya untuk membantu orang lain mempelajari seni mistis. Namun, salah satu muridnya bernama Kaecilius (Mads Mikkelsen) berkhianat dengan mencoba membawa ancaman dari dimensi gelap. Meskipun menolak di awal, Ancient One akhirnya menerima Doctor Strange sebagai muridnya atas bujukan dari Karl Mordo (Chiwetel Ejiofor).

The Ancient One dan Stephen Strange

Baron Mordo

Baron Mordo merupakan murid setia dari The Ancient One. Ia membantu merekrut dan melatih para murid baru di Kamar Taj. Ketika bertemu Doctor Strange, ia mengundangnya ke Kamar Taj dan meminta The Ancient One untuk melatihnya. Doctor Strange dan Baron Mordo menjadi partner yang cukup solid ketika bertempur dengan Kaecilius untuk menyelamatkan Bumi dari ancaman dimensi gelap.

The Villain
Kaecilius merupakan mantan murid dari The Ancient One yang berkhianat karena tidak diperbolehkan untuk menggunakan kekuatan dari dimensi gelap yang ia percayai bisa mempertemukannya kembali dengan anak dan istrinya yang sudah meninggal. Ia membentuk sekumpulan pasukan untuk mengalahkan The Ancient One dan membawa makhluk dari dimensi gelap bernama Dormammu.

Masuki Dunia Sihir ala Marvel
Dengan dirilisnya Doctor Strange, akan membuat Marvel Cinematic Universe menjadi lebih berwarna. Strange kemungkinan besar akan memiliki peran penting di film Avengers: Infinity War (2018) karena ia menyimpan salah satu infinity stones. Bersama para Avengers lain yang sudah muncul sebelumnya, mereka akan bahu-membahu mengalahkan Thanos yang akan menjadi musuh utama di fim Avengers: Infinity War.


Baron Mordo dan Doctor Strange


Kesimpulan
Meskipun sudah tak asing lagi bagi para pecinta komik Marvel, namun Doctor Strange masih cukup asing penggemar film Marvel yang tak mengikuti seri Komiknya. Meskipun tak sepenuhnya berhasil, namun Scott Derrickson sebagai sutradara dapat memberikan warna baru bagi Marvel Cinematic Universe dengan menghasilkan film yang segar dan cukup menghibur. Pemilihan Benedict Cumberbatch sebagai pemeran Doctor Strange dan efek visual yang canggih merupakan dua hal yang paling menonjol di film ini. Untuk efek visual, boleh saya katakan bahwa ini merupakan yang terbaik jika dibandingkan dengan film-film sebelumnya di Marvel Cinematic Universe.

You think you know how the world works. You think this material universe is all there is. What if I told you the reality you know is one of many? -The Ancient One

Rating (4/5)



Jenis Film : Action,  Adventure , Science Fiction, Fantasy
Sutradara : Scott Derrickson
Penulis : Thomas Dean Donnelly, Joshua Oppenheimer, Scott Derrickson, Jon Spaihts, C. Robert Cargill
Studio : Walt Disney Pictures

Lokasi: Central Jakarta, Central Jakarta City, Special Capital Region of Jakarta, Indonesia

1 comment:

  1. This is most honest review so far. I agreed with all your statements. Kindly give review on series as well like how to get away with murder and Quantico..! Thank you for this review :)

    ReplyDelete