Nov 9, 2018

[Movie Review] Apostle (2018) : Pembuktian Kualitas Gareth Evans

Seminggu sebelum peluncuran film The Night Comes for Us, Film Apostle yang disutradai Gareth Evans terlebih dahulu tayang di layanan live streaming Netflix. Gareth Evans selaku sutradara dari film ini sudah tak asing lagi bagi pecinta film di Indonesia (terutama pecinta fim action) karena sudah menyutradai film-film yang diakui secara global dan berhasil mengorbitkan beberapa aktor untuk bermain film di luar negeri seperti Joe Taslim, Iko Uwais, Yayan Ruhian, dan Cecep Arif Rahman.

Film yang bersetting tahun 1905 ini memiliki genre yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan film-film yang sudah disutradai sebelumnya oleh Gareth Evans, terlebih tak ada Iko Uwais dan Yayan Ruhian yang biasanya berperan sebagai fight choreographer. Banyak pihak yang meragukan film ini tak akan sesukses dwilogi The Raid.

Sinopsis
Thomas Richardson (Dan Stevens) pergi menyamar ke sebuah pulau untuk menyelamatkan saudari nya yang ditahan dan dimintai sejumlah tebusan oleh sekelompok sekte di sebuah pulau terpencil, dipimpin oleh seorang "nabi" bernama Malcom Howe (Michael Sheen), dan kedua saudaranya Quinn (Mark Lewis Jones), dan Frank (Paul Higgins).

Perjalanan Thomas tak semudah yang ia bayangkan, di tengah pencariannya, ia terpaksa ikut mendalami apa aktivitas sebenarnya dari kelompok sekte tersebut. Ia juga harus berburu dengan waktu, karena para pemimpin sekte mulai mencium keberadaan mata-mata di tengah kelompoknya.

Dan Stevens berperan sebagai Thomas Richardson

Pembuktian Kualitas Gareth Evans
Setelah beberapa tahun absen membuat film, Gareth Evans ahkirnya meluncurkan sebuah film yang dianggap oleh masyarakat memiliki genre sangat berbeda dengan film Evans seperti biasanya. Secara pribadi, justru saya berpendapat melalui film ini Evans justru menunjukkan jati diri yang sebenarnya. Film bertema cult, horror, maupun thriller pernah ia buat, seperti dalam film Footsteps (2006) V/H/S 2 Segment Safe Haven (2013) dan Killers (2014).

Secara kualitas, film ini banyak mendapat pujian dari kritikus film luar negeri dan mendapatkan rating 88% di Rottentomatoes.

Michael Sheen sebagai Malcom Howe

Kesimpulan
Apostle adalah karya luar biasa dari Gareth Evans, tak seperti Merantau dan Dwilogi The Raid yang hanya kuat di departemen action, film ini memiliki basic story yang kuat dan memberikan banyak pesan positif tentang agama, kekuasaan politik, dan kekuatan alam.

Rating (4/5)


Directed by : Gareth Evans
Produced by : Aram Tertzakian, Ed Talfan, Gareth Evans
Written by : Gareth Evans
Starring : Dan Stevens, Lucy Boynton, Mark Lewis Jones, Bill Milner, Kristine Froseth, Paul Higgins, Michael Sheen
Music by : Fajar Yusekemal, Aria Prayogi
Cinematography : Matt Flannery
Edited by : Gareth Evans
Production companies : XYZ Films, Severn Screen, One More One Productions
Distributed by : Netflix
Lokasi: Central Jakarta, Central Jakarta City, Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment